Jumat, 11 Agustus 2017

Tips Backpackeran Hemat ke Singapore

Zaman sekarang, pergi ke luar negeri bukan sesuatu yang mahal lagi. Bermodal 2 – 3 juta rupiah dan keberanian saja, kamu sudah bisa ke luar negeri. Untuk backpacker yang pertama kali ingin ke luar negeri, disarankan pergilah ke karena negara ini paling bersahabat, aman, nyaman dan mudah. Berikut ini 6 tips backpackeran hemat ke Singapura.

1. Booking tiket jauh hari sebelum keberangkatan

Rencanakan liburan kamu dengan membeli tiket sejak 6 – 12 bulan sebelum keberangkatan. Walaupun masih lama, itu bisa memberikan waktu untuk mencari tiket, menyiapkan beragam keperluan, dan yang paling penting menabung.

Hindari bulan – bulan ramai seperti awal tahun, liburan sekolah, Natal, Idul Fitri, dan tahun baru. Lebih aman, datanglah bulan Februari – April, hari Senin – Jumat. Kenapa? Karena untuk menghindari lonjakan harga tiket pesawat maupun hal lain di destinasi yang akan kamu tuju.

2. Pilih akomodasi hemat

Jika punya niat untuk jalan-jalan ala backpacker, kamu harus lupakan dulu fasilitas penginapan yang mewah. Yang dibutuhkan selama di Singapura adalah tempat tidur, serta kamar mandi yang nyaman dan bersih. Jadi, minimal 3 bulan sebelum keberangkatan, kamu sudah booking tempat penginapan untuk menghindari kehabisan tempat.

Jangan takut atau merasa kurang nyaman tinggal di mostel, karena hostel di Singapura sudah punya standar sendiri. Pastikan hostel yang kamu pilih berada di bawah Singapore Tourism Board.

3. Gunakan transportasi hemat

Walau jarak antara tempat yang satu dan lainnya tidak terlalu jauh, tetap saja transportasi penting untuk mempercepat pergerakan kita. Supaya lebih hemat, hindari pemakaian taksi kecuali dalam waktu terdesak. Disarankan untuk menggunakan bus atau MRT (Mass Rapid Transit). Dengan menggunakan bus, kamu bisa melihat pemandangan di sepanjang jalan, sedangkan jika menggunakan MRT, bisa lebih cepat sampai tujuan dibanding bus. Tinggal pilih sesuai kebutuhan saja.

Wajib hukumnya membeli kartu EZ link. Biarpun lebih mahal saat beli di awal. Langkah ini akan memudahkan kamu jika menggunakan MRT agar tidak selalu antre pada saat ingin membeli tiket. Kamu juga bisa memakai kartu tersebut untuk membayar bus. Untuk pembayaran bus, setidaknya kamu bisa lebih menghemat, karena jika tidak menggunakan kartu MRT, kelebihan tarif bus tidak akan dikembalikan. Misalnya tarif hanya SG$ 1,5 akan digenapkan menjadi SG$ 2.

4. Pergi ke objek wisata gratis

Sebagai backpacker, hindari mendatangi objek wisata yang menguras banyak uang. Banyak arsitektur menarik di Singapura yang bisa dijadikan destinasi wisata gratisan. Sebut saja Merlion Park, Esplanade, Marina Bay Sand, Buddha’s Tooth Relic Temple dan lain-lain.

Kalaupun ada uang lebih, kamu boleh mencoba menyeberang ke Sentosa Island. Dengan bermodal SG$ 3 atau Rp 24.000 kamu bisa jalan-jalan ke beberapa tempat gratis di Sentosa. Sentosa Island punya pantai gratisan dan bisa masuk casino gratis. Waw lumayan banget kan? Kalau memang membawa uang lebih, bolehlah mencoba Universal Studios Singapore. Kalau tidak ada uang? Kamu masih bisa berfoto di depannya kok. Make it simple

5. Jangan lupakan oleh-oleh

Sepertinya ga lengkap kalo ke luar negeri tanpa membeli souvenir. Walaupun backpacking tapi jangan sampai tidak bisa beli souvenir. Tidak perlu mahal, asal tahu di mana membelinya dan pintar menawar. Singapura terkenal dengan souvenir murah ‘three for ten’ yang artinya SG$ 10 sekitar Rp 78 ribu untuk 3 barang. Bahkan ada juga yang ‘five for ten’.

Biasanya wisatawan datang untuk berbelanja souvernir murah ini di Lucky Plaza (Orchard), Bugis Street (Bugis), Pagoda street (Chinatown) dan Mustafa Center (Little India). Sebaiknya ritual belanja souvenir ini dilakukan saat hari terakhir, karena bisa leluasa menggunakan sisa budget kamu.

6. Masih ada gratisan di Singapura

Masih belum puas liburan ke Singapura tapi harus pulang ke Tanah Air? Jangan sedih, di Bandara Changi juga masih ada yang gratisan kok. Kalau kaki terasa lelah karena seharian berjalan, kamu bisa menggunakan mesin pijat yang ada di tiap sudut bandara. Kalau kamu haus, cari saja toilet terdekat. Di depan toilet, tersedia kucuran air minum gratis. Masih mau belanja? Boleh-boleh saja. Duty-free shop tersebar di beberapa tempat, sehingga kamu masih bisa berbelanja.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fasilitas internet corner untuk upload foto backpackeranmu di media sisoal hehehe, sekalian menunggu pesawat. Kerennya lagi, wisatawan bisa mencoba bioskop gratis ala Changi Airport yang ada di Terminal 2 level 3 dan Terminal 3 level 3.

Uang bukanlah menjadi penghalang untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri. Asal ada kemauan dan keberanian pasti ada jalan menuju tempat yang kamu inginkan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar